Rabu, 21 Juli 2010

Cigudeg Ibukota Bogor Barat

Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung (ITB), akhirnya menentap Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeng sebagai ibukota Kabupaten Bogor Barat (KBB) jika kelak daerah itu merdeka dari Kabuapten Bogor.

"Dari hasil penelitian di wilayah itu baik dari segi geografis, ekonomi, sosial dan budaya yang mencakup 215 berbagai aspek ternyata Desa Cigudeg memenuhi persyaratan di antaranya soal kemiringan tanahnya yang hanya 0-6 derajat," ujar Ketua Tim Peneliti Prof. DR Djoko Sujarto usai memaparkan penelitiannya, di Pemkab Bogor.

Penetapan Cigudeg menjadi Ibukota Kabupaten Bandung Barat mengalahkan tiga kecamatan lainya, yakni Dramaga, Leuwisadeng dan Jasinga.

"Tiga wilayah tadi akan dijadikan kawasan pengembangan, dan perdagangan serta jasa, " ujar Djoko seraya menyebutkan KBB bakal lebih cepat maju mengingat potensi sumber daya alamnya yang melimpah.


PUAS

Salah satu tokoh masyarakat Bogor Barat, Abdul Ghani menyatakan puas dengan hasil penelitian yang dilakukan LPPM ITB ini. "Kami bersyukur akhirnya langkah demi langkah perjuangan kami sudah mulai menuai hasil," jelasnya.

Ia pun bersama tokoh masyarakat Bogor Barat di 14 kecamatan tidak mempermasalahkan ditetapkannya Cigudeg sebagai Ibukota KBB. "Penetapan itu atas dasar penelitian ilmiah dan professional, " jelasnya.

Asisten Pemerintahan Dandan Mulyadi mengatakan, ditetapkannya Cigudeg sebagai Ibukota KBB, akan disampaikan ke DPRD untuk ditetapkan dan disampaikan ke gubernur untuk dibahas di tingkat propinsi.


Sumber :
http://www.matabumi.com/news/cigudeg-ibukota-bogor-barat
24 Februari 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar